Saturday, October 23, 2010

Tips Perawatan Anjing Di Rumah


Kini, perawatan tubuh anjing bisa anda lakukan di rumah, selain menghemat biaya, waktu kita juga tidak terbuang habis di jalan dan terhindar dari macet. Bagaimana caranya? Ini diaa.

1. Periksa dan bersihkan bagian wajah anjing mulai dari mata, telinga, hidung, dan mulut.

2. Bersihkan gigi geligi anjing dengan sikat gigi.


3. Potong kuku anjing yang sudah panjang, tetapi jangan sampai memotong pembuluh darah kuku anjing (bagian yang tampak lebih terang).


Memotong kuku anjing merupakan hal yang sangat menyenangkan jika si anjing dapat berbaring atau duduk dengan manis tapi sebagian besar anjing sangat tidak menyukai kukunya dipotong terutama anjing yang pernah mengalami kesakitan atau pendarahan pada saat kukunya dipotong. Ada anjing yang hanya menarik kakinya atau berontak pada saat kukunya ingin dipotong tapi ada juga anjing yang akan menggigit begitu kukunya akan dipotong.

Ada baiknya kita melatih anjing sedini mungkin agar anjing tidak sulit untuk dipotong kukunya. Memotong kuku adalah kegiatan rutin seumur anjing itu hidup. Pastinya anda tidak mau mengalami kesulitan setiap kali ingin memotong kuku anjing anda. Kuku anjing mulai dipotong sejak usianya mencapai 1 minggu, pemotongan kuku pada usia 1 minggu untuk menghindarkan bayi anjing melukai area sekitar puting susu induk pada saat bayi anjing sedang menyusui.

Biasakan memegang kuku anakan anjing setiap hari, jika perlu sambil berpura-pura sedang memotong kuku dengan gunting kuku. Hal ini agar anjing terbiasa sehingga anda tidak mengalami kesulitan dikemudian hari. Berikan pujian atau makanan ringan kesukaannya setelah selesai acara pemotongan kuku. Belai/usap diarea tengkuk atau dibawah telinga selama proses pemotongan kuku sambil diberi pujian agar anjing merasa tenang dan senang.

4. Membersihkan bulu anjing dari kotoran dengan menyisir / menyikat bulu anjing dan memotong bulu anjing yang kusut dan membentuk model bulu anjing yang kita inginkan.

5. Memandikan anjing dan mengeringkan bulu anjing.


Jenis, ukuran, dan tipe bulu anjing juga menentukan seberapa sering anda perlu melakukan perawatan. Dengan perawatan yang teratur, anjing anda akan tetap indah, sehat, bersih, dan terawat.

0 comments:

Post a Comment

Blog Search